Yup
saya kembali lagi hari ini. Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan
dengan kawan-kawan Psychocycle semuanya. Saya ingin berbagi foto tentang
modifikasi Kawasaki KRR 150 cc (atau di Indonesia dikenal dengan Ninja
150, walau tanpa fairing) dari salah satu bengkel yang cukup tersohor di
Thailand, Hung Modified (HMF).
Kawasaki
KRR racikan HMF cukup disegani di ajang balap roda dua di Thailand
karena sering memenangkan event balap lokal. Bahkan saat ajang kejuaraan
balap motor asia era 90'an yang pernah digelar di sirkuit
Sentul-Indonesia, tim HMF pernah menjadi salah satu pesertanya dan
sempat bertarung dengan tim balap lokal seperti Champion Motor Sport dan
Dunia Motor.
Rival
utama pada saat itu datang dari Tim Shell Honda Kritsamas-AP Honda
Thailand dengan Honda NSR 150 SP, Suzuki Racing Thailand dengan motor
RGV 150 Gamma II, Dan Yamaha Hong Leong Malaysia berbekal TZM 150.
Kawasaki KRR 150 di bawah ini kemungkinan sudah mengalami perubahan
spesifikasi dari masa awal saat dibuat untuk balap aspal. Mau tahu
seperti apa? Mari kita simak bersama.
 |
Kawasaki KRR 150 HMF tampak dari kanan. Terlihat logo Castrol, Hung Modified, dan gambar bendera Thailand. |
 |
Kawasaki Krr 150
HMF tampak dari kiri. Corak dari Castrol terlihat sangat mendominasi
bodi motor ini pada fairing dan tangki. Lihat bagian bodi belakang motor
dan jok yang menyatu, sangat ringkas. Nomor start yang digunakan adalah
4. |
 |
KRR 150 HMF tampak atas. Motor ini sudah menggunakan setang clip-on lowbar khas motor balap dan sudah mengaplikasi selongsong gas spontan. Upper triple clamp (segitiga komstir atas) sepertinya hasil modifikasi atau dibuat sendiri. |
 |
Tampak depan KRR 150 HMF. Terlihat dua lubang angin di bawah nomor start |
 |
Tampak
depan-bawah KRR 150 HMF. Terlihat lower triple clamp yang digunakan
merupakan versi modifikasi seperti segitiga atasnya. Kalau saya boleh
menerka mungkin bahannya alumunium. Radiator yang digunakan juga sudah
bukan standarnya melainkan berbahan alumunium serta bentuknya lebih
lebar dan melengkung, khas motor balap. |
 |
Kaki-kai depan
KRR 150 HMF. Terlihat motor ini menggunakan pelek jari-jari alumunium
dan cakram oversize. Pada mulanya motor ini menggunakan pelek palang
atau casting wheel dari Marchesini. |
 |
Mesin KRR 150 HMF. Menggunakan blok silinder Super KIPS versi "gold". |
 |
Karburator menggunakan Keihin PJ, tapi saya tidak tahu pasti diameter venturinya apakah 34, 36, atau 38mm. |
 |
Footstep
menggunakan model racing footpeg yang desainnya sangat sederhana. Tampak
master rem belakang yang menggunakan Nissin dan selang rem braided atau
model anyaman kawat. |
 |
Master rem
belakang diubah posisinya menjadi di bawah, model asalnya berada di
atas. Lengan ayun menggunakan versi alumunium dengan batang stabilizer
yang menjadi idaman ninjers tanah air. Entah pemasangan lengan ayun
memang sengaja dibalik atau memang modelnya memiliki batang stabilizer
di atas, karena setahu saya batang stabilizer tersebut pada model
standar pabriknya berada di bawah. |
 |
Shockbreaker belakang yang telah diubah. Kemungkinan menggunakan merk Ohlins atau Kayaba, karena aslinya menggunakan merk Showa. |
 |
Tabung air radiator cadangan tampak tergantung di belakang radiator. |
 |
Leher muffler / knalpot HMF yang legendaris. Menggunakan pegas sebagai perapat. |
 |
Buffel / perut knalpot HMF. |
 |
Silencer dan stinger knalpot HMF. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar